beranda

Saturday, February 27, 2016

SESUNGGUHNYA BAGI ALLOH TIDAK ADA SATUPUN YANG TERSEMBUNYI DI BUMIDAN TIDAK PULA DI LANGIT

Assalaamu alaikum..

DALAM KESENDIRIAN SEORANG HAMBA
SESUNGGUHNYA DIA TIDAK SENDIRI
ADA DZAT YANG MAHA SEGALANYA

Setiap muslim harus merasakan kebersamaan dn pantauan Allah dlm setiap keadaan dn gerak-gerikny.keyakinan bahwa Allah selalu bersama dn mementau ini disebut muraqabah.Dengan muraqabah,seorang hamba yakin bahwa Tuhan sagat dekat,bahkan selalu bersama dan memantau dirinya.
Hal in seperti dlm firman-Nya
"Dan (melihat pula)perubahan gerak badanmu di antara Orang-orang yg sujud.(asy-Syu'ara:219)
"Dan Dia bersama kamu di mana saja kamu berada..(al-Hadid:4)
"Sesungguhny bagi Allah tidak ada satu pun yg tersembunyi di bumi dn tdk (pula)di langit(Ali Imran:5)

Dalam sebuah hadis yg cukup populer,Nabi SAW ditanya oleh jibril tentang ihsan.
Beliau menjawab yg artinya "lhsan adalah kamu menyembah Allah seakan kamu melihatNya.walaupun kamu tidak melihatNya,sesungguhny Dia melihatmu(HR.Bukhari dn muslim)

Dalam menyembah-Nya,kita harus seolah-olah melihatNya di hadapan kita.Hal ini akn membawa kita pada perasaan selalu diawasiNya dn takut kpdNya.

Hanya saja bagi kebanyakan dari kita hal ini bknlh perkara yg mudah.Tidak mudah menghadirkan Allah dihadapan kita,bahkan sewaktu kita shalat sekalipun.
Kiranya keyakinan bahwa Allah benar-benarmelihat kita,yg rahasia dn yg nmpk dr kita,yg tersembunyi dn yg terlihat;bahwa tidak ada yg tersembunyi bagi Dia sesuatupun;kirany keyakinan in membantu kita merasakan kehadiran-Nya di hadapan kita.keyakinan in dpt membantu kita merasakan kedekatan Allah dn kebersamaanny dgn kita.

Jika cukup sulit menyembah Allah sambil seolah-olah kita melihatNya,mk sembahlah Allah sambil menyakini bahwa Dia benar-benar melihat,mengawasi,dn memantau kita,Sehingga timbul pd dr kita rasa malu dari pandangan-Nya atas diri kita.

Nabi SAW pernah ditanya tentang membuka aurat dlm kesendirian,Beliau menjawab,yg artinya"Allah lebih berhak untuk (kita)malu kepada-Nya.(HR.Baihaqi,an-Nasa i,dn Abu Dawud.)

Ayo sahabat  kita ambil renungan cerita dibawah ini!!

Suatu hari,Umar bin al-Khaththab pergi ke Mekkah bersama beberapa sahabatnya.
Ditengah perjalanan mereka beristirahat.

Tiba-tiba muncul seorang pengembala dr bukit.kepadany Umar berkata,"Hai pengembala kambing,jual kepada kami satu kambing,!Si pengembala berkata,Aku hany seorang hamba sahaya.Umar berkata padanya,katakan saja pada tuanmu kambing itu d mkn serigala.Si pengembala berkata,Lalu di mn Allah?Mendegar jawapan itu Umar menagis,lalu ia membeli si pengembala hamba sahaya itu dr tuannya dn memerdekakannya.
Subhanallah.
Barakallah semoga bermanfaat sahabat

Aamiin.

No comments:

Post a Comment