beranda

Tuesday, February 16, 2016

PERBUATAN INI ADALAH JAMINAN SEORANG ISTRI MASUK SURGA

PERBUATAN INI ADALAH JAMINAN SEORANG ISTRI MASUK SURGA

Assalamualaikum Warohmatullohi wabarokatuh
Subhanalloh wabihamdihi Subhanallohil adziim



Diantara keutamaan istri yangg taat pd suami adalah akan dijamin masuk surga. Ini menunjukkan kewajiban besar istri pada suami adalah mentaati perintahnya.

Dari Ummu Salamah RA, Rasul SAW bersabda,

أَيُّمَا امْرَأَةٍ مَاتَتْ وَزَوْجُهَا عَنْهَا رَاضٍ دَخَلَتِ الْجَنَّةَ
“Wanita mana saja yg meninggal dunia lantas suaminya ridha padanya, maka ia akan masuk surga.” (HR Tirmidzi1161 & Ibnu Majah 1854)
Yang dimaksudkan dengan hadits diatas adalah jika seorang wanita beriman itu meninggal dunia lantas ia benar2 memperhatikan kewajiban terhadap suaminya sampai suami tersebut ridha dengannya, maka ia dijamin masuk surga. Bisa juga makna hadits tersebut adlah adanya pengampunan dosa/Allah meridhainya. (Nuzhatul Muttaqin,Musthofa Al Bugho, hal 149)

Ketaatan istri pada suami adalah jaminan surganya. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika seorang wanita melaksanakan shalat lima waktunya, melaksanakan shaum pada bulannya, menjaga kemaluannya, dan mentaati suaminya, maka ia akan masuk surga dari pintu mana saja ia kehendaki.” (HR Ibnu Hibban dalam Shahihnya)

Dengan ketaatan seorang istri, maka akan langgeng dan berlimpah pahala dan sebaliknya durhaka seorang istri kepada suami maka azab akan datang.

Suami adalah surga atau neraka bagi seorang istri. Keridhoan suami menjadi keridhoan Allah. Istri yang tidak diridhoi suaminya karena tidak taat dikatakan sebagai wanita yang durhaka dan kufur nikmat.

Islam pun memuji istri yg taat pd suaminya. Bahkan istri yang taat suami itulah yg dianggap wanita terbaik.

Pernah ditanyakan kpd Rasulullah SAW, “Siapakah wanita yg paling baik?” Jawab beliau, “Yaitu yg paling menyenangkan jika dilihat suaminya, mentaati suami jika diperintah dan tidak menyelisihi suami pada diri dan hartanya sehingga membuat suami benci” (HR. An-Nasai 3231 & Ahmad 2:251)

Sebagian istri saat ini melupakan keutamaan taat pada suami. Sampai-sampai menganggap ia harus lebih daripada suami sehingga dialah yg mesti ditaati karena karirnya lebih tinggi & titelnya lebih mentereng.

Suatu hari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda bahwa beliau melihat wanita adalah penghuni neraka terbanyak. Seorang wanita pun bertanya kepada beliau mengapa demikian? Rasulullah pun menjawab bahwa diantarantanya karena wanita banyak yang durhaka kepada suaminya. (HR Bukhari Muslim)

Semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment