beranda

Saturday, January 28, 2012

TIGA ALAM PROSES PERJALANAN MANUSIA


TIGA ALAM PROSES PERJALANAN  MANUSIA

Alam kandungan

Didalam kandungan ibu proses kejadian manusia di mulai, Allah menciptakan manusia dari saripati yang berasal ddari tanah yang Allah jadikan nuthfah yang tersimpan rapat di dalam rahim. Kemudian nuthfah berubah menjadi segmupal darah, lalu segumpal daging, kemudian tulang belulang yang terbungkus daging dan kulit berwujudlah bayi kecil sempurna, dan manakala usia  kandungan telah mencapai 120 hari Allah mengutus malaikat untuk menetapkan empat perkara :
Menuliskan ketetapan rizkinya
Menuliskan ketetapan ajalnya,
Menuliskan ketetapan amalnya,
dan menjadi orang bahagia atau celaka
Abdullah bin mas’ud ra. Dari rosulullah saw yang bersabda
“Bawasanya seseorang dari kamu dikumpulkan kejadiaanya dalam kandungan ibunyaa selama 40 hari, masih berwujud nuthfah , lalu jadilah segumpal darah selama 40 hari pula, kemudian Allah swt mengutus malaikat untuk meniupkan ruh kedalam tubuhnya, sekaligus diperintahkan empat perkara; menuliskan ketetapan rizkinya, ajalnya, amalnya dan menjadi orang celaka atau bahagia. (HR imam muslim)
Setelah kurang lebih Sembilan bulan, barulah manusia kecil lahir ke muka bumi dalam keadaan suci bersih tanpa setitik dosa, dan belum berakalbudi.
Alam dunia
Setela lahir ke alam dunia Allah mengaruniainya penglihatan dan pendengaran
Allh berfirman “Dan Allah mengeluarkanmu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatu pun, dan dia memberi  kamu pendengaran, penglihatan, dan hati agar kamu bersyukur (QS. 16:78)
Alam dunia inilah yang menentukan kehidupan di alam selanjutnya bagi seseorang,
Allah swt berfirman
“kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan” (QS 3:185)
”Dan tidaklah kehidupan dunia ini selain dari main-main dan senda gurau belaka, dan sungguh akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidaklah kamu memahaminya.” (QS. 6:32)
“Ketahuilah bahwa sesunguuhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan, dan bermegah-megahan antara kamu, serta berbangga-bangga tentang banyaknya harta dan anak” (QS. 57:20)
 “padahal kenikmatan hidup di dunia ini dibandingkan dengan kehidupan di akhiraat hanyalah sedikit”
Jelas kiranya Bahwa kehidupan dunia hanyalah tempat singgah sementara dan  ibarat permainan yang bisa jadi boomerang jika tidak dimanfaatkan sebagaimana mestinya, Marilah selagi kita hidup memperbanyak ibadah dan amal saleh untuk bekal di akhirat alam yang kekal.

Alam kubur


Manusia suatu saat akan mengakhiri persinggahannya di dunia ini nanti, mereka menuju ke alam selanjutnya yaitu alam kubur atau alam barzah, kehidupan di alam kubur bersifat sementara akan berakhir setelah kiamat tiba, dan akan merupakan medium penantian untuk menuju alam selanjutnya yang kekal yaitu akhirat.

Alam akhirat


Alam inilah terakhir kehidupan manusia yaitu alam akhirat. di alam inilah manusia akan di minta pertanggungjawabannya selama menjalani kehidupan di dunia, manusia akan ditempatkan di surga atau neraka tergantung dari indipidu yang bersangkutan, Jika ia ingkar dan mendurhakai Allah serta banyak berbuat maksiat neraka siap membakarnya, sebaliknya jika ia seorang bertakwa dan gemar beramal saleh surgalah tempatnya mereka kekal didalamnya sebagaimana kekalnya akhirat.
Firman Allah swt “dan sesungguhnya Akhirat itulah negri yang kekal”
Semoga dengan tulisan ini kita bisa memahami hakikat hidupnya manusia beserta perjalanannya
Dan memahami tujuan sebenarnya kita ada di bumi ini serta mengerjakan apa-apa yang harus di persiapkan untuk menghadap sang pencipta.
Kita bebas memiih jalan di dunia ini jika kita ingin bahagia dan masuk surga jadilah manusi yang takwa, jika kita memilih berlumur dosa siaplah untuk masuk neraka
Silakan kerjakan hidup anda masing-masing bebas terserah mau jadi orang baik atau jahat. Tapi ingat ada tempat kembali yang sesungguhnya tinggal memilih Neraka Atau surga?

No comments:

Post a Comment