beranda

Thursday, January 19, 2012

KEUTAMAAN DAN KEAGUNGAN HARI JUM'AT

KEUTAMAAN DAN KEAGUNGAN HARI JUM'AT

Sesungguhnya hari jumat adalah merupakan hari yang agung Allah SWT Mengagungkan islam dengannya, dan mengistimewakan orang-orang islam dengannya.
Allah SWT berfirman dalam alquran surah AL-Jum’ah ayat 9 yang artinya “Apabila diseru  untuk menunaikan  sembahyang pada hari jum’at maka segeralah kamu pada mengingat Allah dan tinggalkanlah Jual Beli”
Allah mengharamkan sibuk dengan hal-hal dan dengan segala hal yang dapat memalingkan orang dari segera ke Jum,atan.
Nabi Muhammad Saw bersabda: “barang siapa yang meninggalkan Jum’atan tiga kali, dengan tanpa uzur maka allah akan mencap (menutup hatinya)” dalam sebuah lapadz yang lain, “Maka benar-benar telah mencampakkan islam dibelakang punggungnya”
Ada seorang lelaki berselisih dengan Ibnu abas, dia bertanya kepada ibnu abas mengenai seorang laki-laki yang mati dan tidak pernah menghadiri jum’at atau jamaah. Berkatalah Ibnu abas. “didalam neraka”. Lalu tidak henti-hentinya laki-laki itu hilir mudik kepadanya selama sebulan dengan bertanya mengenai itu dan ia tetap berkata, “Di dalam Neraka”.
Di dalam Alkhabar, “Sesungguhnya orang-orang yang memiliki dua kitab telah deberi hari jum’at , berselisihlah mereka didalamnya dan berpaling darinya. Dan Allah telah menunjukkan kita kepada hari itu dan Dia mengakhirkannya untuk umat ini serta menjadikannya sebagai hari raya bagi mereka. Jadi mereka adalah manusia yang paling berhak dengan hari itu lebih dahulu dan orang-orang yang memiliki dua buah Al-Kitab itu menyusul mereka.
Didalam hadis Anas dari Nabi Muhammad SAW, Sesungguhnya beliau bersabda “Datanglah Zibril kepadaku dan ditelapak tangannya terdapat cermin putih dan berkata “ini adalah Jum’at, Tuhanmu Mefardukan kepadamu agar supaya menjadi hari raya bagimu dan bagi umat sepeninggalanmu”Aku berkata, “lalu apa yang ada bagi kami didalamnya?”. Dia berkata, “Kamu didalamnya memiliki sebuah saat yang paling baik, barang siapa yang berdo’a didalamnya dengan kebaikan yang dibagikan kedalamnya maka Allah akan memberinya kebaikan itu dan tidak ada baginya yang disimpan untuknya lebih agung dari itu atau dia berlindung dari kejelekan yang telah merupakan hal yang ditulis atas dia kecuali Allah akan melindunginya dari yang lebih besar dari itu. Dia adalah pemimpin dari semua hari bagi kita dan kita akan mnyebutnya besok pada hari akhirat dengan  “Hari Tambahan”. Aku berkata, “Mengapa begitu?”. Dia berkata “Sesungguhnya Tuhanmu telah membuat lembah yang lebih semerbak daripada misik danjuga lebih putih. Lalu apabila dating hari jum’at turunlah Allah SWT dari Illiyin ke atas Kursi-nya dan Nampak kepada mereka , sehingga mereka memandang kepada dzatnya yang agung”.
Nabi Muhammad Saw bersabda, “Sebaik-baik hari yang terbit matahari didalamnya adalah hari jum’at, didalamnya adam as. Diciptakan, didalamnya dia dimasukkan surga, didalamnya dia diturunkan ke bumi, didalamnya diterima taubatnya, didalamnya hari dia mati, dan didalamnya akan berdiri hari kiamat. Hari itu disisi Allah adalah Hari penambahan. Demikianlah Malaikat- Malaikat menyebutnya dilangit. Dan dia juga hari melihat kepada Allah SWT.”
Disebutkan dlam kabar, Sesungguhnya Allah SWT memiliki dalam setiap Jum’at Enam ratus ribu orang yang dibebaskan dari neraka. Didalam Hadits Anas ra. Sesungguhnya nabi Muhammad Saw bersabda, “Sesungguhnya neraka jahim itu menyala dalam setiap hari sebelum zawal (Matahari tergelincir dari tengah langit) yaitu pada waktu istiwa’ Matahari (ditengah langit) dalam jantung langit. Maka janganlah kamu bersembahyang saat ini kecuali hari jum’at, karena hari itu waktu shalat seluruhnya dan sesungguhnya jahanam, tidak menyala didalamnya”.
Ka’ab berkata Sesungguhnya Allah SWT  telah mengutamakan mekkah di antara beberapa negri, Rmadhan diantara beberapa bulan dan jum’at diantara hari-hari, serta Lailatul Qadar diantara malam-malam.
Dikatakan “sesungguhnya burung-burung dan bangsa serangga bertemu satu dengan yang lain pada hari jum’at. Berkatalah mereka, “Selamat, selamat, ini adalah hari yang bagus”
Nabi Muhammad Saw bersabda “Barang siapa yang mati pada hari Jum’at atau malam jum’at, maka tulislah baginya pahala orang yang mati syahid dan dipelihara dari siksa kubur.”

DI KUTIP DARI KITAB IHYA' ULUMUDDIN (IMAM GHAZALI)

No comments:

Post a Comment