beranda

Wednesday, January 18, 2012

KEUTAMAAN SEDEKAH

KEUTAMAAN SEDEKAH

Rosululloh Saw telah bersabda

“ Hindarilah api neraka, walaupun hanya dengan menyedekahkan separuh biji kurma, Bila kamu tidak menemukannya maka dengan mengucapkan perkataan baik”


“ Tidaklah seorang hamba bersedekah dengan baik , kecuali Alloh memberikan generasi penerus yang baik pada keturunannya”
Rosululloh Saw telah bersabda ”Sedekah itu menutup 70 kejahatan” Rosululloh ditanya Sedekah mana yang paling utama?  Kemudia beliau menjawab ”Bila engkau bersedekah dalam keadaan sehat, kikir, mengharap kaya, serta takut miskin”

Janganlah engkau menunda hingga apabila nyawa telah sampai pada kerongkonganmu, engkau katakan “bagi si fulan sekian serta si fulin sekian” .
Tidaklah mengapa menyembunyikan serta menampakkan sedekah sesuai dengan yang dikihendakinya.
Ibrahim Al-Khawas serta Al-junaidi ra. Berpendapat bahwa mengambil sedekah lebih utama daripada mengambil Zakat, sebab zakat diharapkan oleh banyak orang Fakir serta ia banyak mempunyai syarat yang barangkali tidak dapat sepenuhnya pada orang yang mengambilnya.

Diantara mereka ada yang berpendapat bahwa mengambil Zakat lebih utama, ia merupakan pertolongan untuk menunaikan kewajiban serta dapat juga mematahkan nafsu dan menghilangkan kehinaan. Secara ringkas, masalahnya dalam hal tersebut hampir sama. Maka pahamilah niscaya engkau termasuk orang yang beruntung, Wallohu a’lam.

No comments:

Post a Comment