beranda

Wednesday, January 18, 2012

KEMULIAAN AKAL

KEMULIAAN AKAL

Kemuliaan akal di tunjukkan oleh Sabda Rosululloh Saw  
“yang pertamakali diciptakan Alloh adalah akal” 
Kemudian Allah SWT berfirman kepadanya “ datanglah kemari” maka akal itupun datang 
Kemudian Allah berfirman kepadanya “pergilah” maka akal itu pergi
Allah berfirman “Demi kemuliaan dan keagunganku, tidaklah kuciptakan makhluk yang mulia bagi-ku daripada kamu . dengan engkau aku akan mengambil dan dengan engkau aku memberi. Dengan engkau aku memberi pahala dan dengan engkau aku menghukum”
Nabi  Muhammad Saw bersabda “aku bertanya kepada jibril apa kepemimpinan itu ?
Jibril menjawab “Akal”
Hakikat akal adalah naluri yang digunakan untuk memahami pengetahuan teoritis, seakan-akan akal adalah cahaya yang dimasukkan didalam hati, yang mana manusia siapa memahami segala sesuatu, hal itu berbed-beda menurut perbedaan naluri-naluri.

No comments:

Post a Comment